Karmilah's Blog

sahabat sejati bikin berprestasi

Posted on: Juni 17, 2010

SAHABAT Sejati,Bikin Kita Berprestasi

Hidup sendirian pasti nggak enak,bener gak???????? Punya masalah nggak ada tempat curhat,ada beban dipikul sendiri,punya berita gembira ga bisa berbagi. Iih…………….BeTe nggak sih….!!! coba kalau ada sahabat, kayaknya ada teman penghibur lara saat kita sedih, kesulitan enggak akan terlalu menyusahkan,kebahagiaan akan bertambah ketika ada yang ikut bahagia saat kita bahagia.

Bersahabat itu kebutuhan  !!! klik disini

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Sahabat  merupakan contoh penting dalam rangka memenuhi kebutukan kita akan perlunya manusia lain.

Kata ‘sahabat’ biasanya dikaitkan dengan rasa senasib.sepenanggungan,keindahan,kebersamaan,dan saling mengisi. Hubungan seperti ini tidak semudah membina hubungan sebatas pertemanan. Teman dapat kita jumpai dimanapun tetapi tidak halnya dengan sahabat,karena sabat tidak hanya ada ketika senang,tetapi juga siap ketika kita berada dalam kesulitan.

Kedudukan sahabat dalam islam sangat penting. Rasulullah saja semasa hidupnya tidak pernah sendiri tanpa sahabat – sahabatnya. Islam mengatur keindahan persahabatan dalam konsep ukuwah islamiyah,yang mengedepankan sikap tafahum (saling memahami),ta’awun (saling tolong menolong)dan takaful (saling bela).

Unuk bisa mencapai tahap persahabatan boisa muncul setelah beberapa lama kita ta’aruf (saling kenal) dengan calon sahabat kita. Kebutuhan akan persahabatan biasanya lebih dominan pada ada pada perempuan. Perempuan kental sekali dengan gelombang emosionalnya,ssehingga ia cenderung butuh tempat untuk berbagi perasaan dan kasih sayang. Makanya nggak aneh jika mereka bisa mengungkapkan masalah yang paling pribadi sekalipunpada seseorang yang banyak kesamaan dengannya. Berbeda dengan pria,mereka tidak terlalu melibatkan perasaan sehingga jika diantara mereka ada perbedaan pandangan atau prinsip persahabat mereka tidak akan putus. Oleh karena itu,jika kita memaksakan perahabatan antara laki-laki dan perempuan biasanya jarang yang bertahan lama,malahan seringkali timbul perasaan lain seperti cinta,cemburu,merasa takut kehilangan sehingga bisa merusak persahabatan.

Berani Menerima Perubahan

Kalau kita mengartikan sebuah persahabatan adalah keakraban yang takkan rubah dalam kondisi apapun,tentu itu sangat salah. Hidup ini penuh dengan kejutan dan perubahan. Terjadinya perubahan status,pendidikan,pekerjaan,dan aktivitas kalau tidak diiringi dengan sikap lapang dada bisa menggoyahkan persahabatan.

Sebagai sahabat yanng baik,tentu saja perubahan ke arah yang lebih baik yang dialami sahabat kita nggak boleh bikin kita sakit hati dan kecewa. Setiap perubahan baru yang dialami seseorang pasti membutuhkan waktu untuk diadaptasi,dan itu bisa terjadi pada kita. Lapang dada aja deh untuk beberapa saat. Suatu saat sahabat yang ngejauh dan ninggalin kita pasti akan rindu dan kembali kepada kita.

Sudahkah menjadi sahabat sejati????????

Sahabat sejati bukanlah seseorang yang manis dimulut dan membujuk pada hal – hal negatif. Orang bijak mengatakan bahwa ‘sahabat sejati teman yang mendengar dan mengerti ketika kita mengungkapkan perasaan yang paling dalam. Ia memberikan dukungan ketika kita sedang berjuang. Ia tidak melihat fisik dan kekayaan kit. Ia mengoreksi kita dengan lembut dan sayang ketika kita berbuat salah,dan ia memaafkan ketika kita gagal. Sahabat sejati memacu dan mendorong dan memacu potensi kita untuk mengembangkan pribadi secara maksimum. Dan yang paling menakjubkan,ia merayakan keberhasilan kita seolah – olah keberhasilannya sendiri.’

Dalam mencari sahabat kita harus teliti dan hati – hati. Seperti kata pepatah ‘jik kita ke tempat pedagang parfum maka tubuhkitapun akan terbawa wangi sebaliknya jika kita ketempat pedagang ikan  asin tubuh kita pun akan terbawa baunya. Begitu pula sahabat jika kita bersahabat dengan orang baik maka kita akan terbawa baik,sebaliknya jika bersahabat dengan orang jahat maka kitapunakan terbawa jahat. Oleh karena itu ada beberapa kiat mendapatkan sahabat dan memelihara persahabatan,diantaranya:

  1. Jangan menunggu orang lain membuat langkah pertama dalam persahabatan
  2. Ikutilah sebuah klub yang menarik bagimu
  3. Biarkan orang lain tahu bahwa kamu berminat untuk  bersahabat dengan mereka
  4. Jadilah pendengar yang baik
  5. Kalau kamu merasa saatnya,biarkan mereka mengetahui  hal – hal yang menarik bagimu,bakat-bakatmu,dan apa yang penting bagimu,TETAPI…
  6. Jangan menyombongkan diri
  7. Jujurlah. Ceritakanlah hal – hal tentang dirimu sejujurnya,apa saja yang kamu yakini dan prinsip – prinsip apa yang kamu bela
  8. Bersikaplah lembut
  9. Jangan berpaling pada temanmu hanya pada saat kamu sedang berada dalam kesulitan. Libatkan pula mereka saat kamu bersenang – senang
  10. Lakukan hal yang menjadi bagianmu. Setiap hubungan pasti membutuhkan usaha. Jangan bergantung kepada temanmu untuk tetap berhubungan denganmu,membuat rencana – rencana dan membuat sebuah keputusan berkaitan dengan oeersahabat kalian
  11. Menerima apa adanya
  12. Belajarlah untuk mengenali teman – teman yang tidak membawa manfaat apapun untukmu

Sumber: Annida

up sendirian pasti nggak enak,bener gak???????? Punya masalah nggak ada tempat curhat,ada beban dipikul sendiri,punya berita gembira ga bisa berbagi. Iih…………….BeTe nggak sih….!!! coba kalau ada sahabat, kayaknya ada teman penghibur lara saat kita sedih, kesulitan enggak akan terlalu menyusahkan,kebahagiaan akan bertambah ketika ada yang ikut bahagia saat kita bahagia.

Bersahabat itu kebutuhan  !!!

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Sahabat  merupakan contoh penting dalam rangka memenuhi kebutukan kita akan perlunya manusia lain.

Kata ‘sahabat’ biasanya dikaitkan dengan rasa senasib.sepenanggungan,keindahan,kebersamaan,dan saling mengisi. Hubungan seperti ini tidak semudah membina hubungan sebatas pertemanan. Teman dapat kita jumpai dimanapun tetapi tidak halnya dengan sahabat,karena sabat tidak hanya ada ketika senang,tetapi juga siap ketika kita berada dalam kesulitan.

Kedudukan sahabat dalam islam sangat penting. Rasulullah saja semasa hidupnya tidak pernah sendiri tanpa sahabat – sahabatnya. Islam mengatur keindahan persahabatan dalam konsep ukuwah islamiyah,yang mengedepankan sikap tafahum (saling memahami),ta’awun (saling tolong menolong)dan takaful (saling bela).

Unuk bisa mencapai tahap persahabatan boisa muncul setelah beberapa lama kita ta’aruf (saling kenal) dengan calon sahabat kita. Kebutuhan akan persahabatan biasanya lebih dominan pada ada pada perempuan. Perempuan kental sekali dengan gelombang emosionalnya,ssehingga ia cenderung butuh tempat untuk berbagi perasaan dan kasih sayang. Makanya nggak aneh jika mereka bisa mengungkapkan masalah yang paling pribadi sekalipunpada seseorang yang banyak kesamaan dengannya. Berbeda dengan pria,mereka tidak terlalu melibatkan perasaan sehingga jika diantara mereka ada perbedaan pandangan atau prinsip persahabat mereka tidak akan putus. Oleh karena itu,jika kita memaksakan perahabatan antara laki-laki dan perempuan biasanya jarang yang bertahan lama,malahan seringkali timbul perasaan lain seperti cinta,cemburu,merasa takut kehilangan sehingga bisa merusak persahabatan.

Berani Menerima Perubahan

Kalau kita mengartikan sebuah persahabatan adalah keakraban yang takkan rubah dalam kondisi apapun,tentu itu sangat salah. Hidup ini penuh dengan kejutan dan perubahan. Terjadinya perubahan status,pendidikan,pekerjaan,dan aktivitas kalau tidak diiringi dengan sikap lapang dada bisa menggoyahkan persahabatan.

Sebagai sahabat yanng baik,tentu saja perubahan ke arah yang lebih baik yang dialami sahabat kita nggak boleh bikin kita sakit hati dan kecewa. Setiap perubahan baru yang dialami seseorang pasti membutuhkan waktu untuk diadaptasi,dan itu bisa terjadi pada kita. Lapang dada aja deh untuk beberapa saat. Suatu saat sahabat yang ngejauh dan ninggalin kita pasti akan rindu dan kembali kepada kita.

Sudahkah menjadi sahabat sejati????????

Sahabat sejati bukanlah seseorang yang manis dimulut dan membujuk pada hal – hal negatif. Orang bijak mengatakan bahwa ‘sahabat sejati teman yang mendengar dan mengerti ketika kita mengungkapkan perasaan yang paling dalam. Ia memberikan dukungan ketika kita sedang berjuang. Ia tidak melihat fisik dan kekayaan kit. Ia mengoreksi kita dengan lembut dan sayang ketika kita berbuat salah,dan ia memaafkan ketika kita gagal. Sahabat sejati memacu dan mendorong dan memacu potensi kita untuk mengembangkan pribadi secara maksimum. Dan yang paling menakjubkan,ia merayakan keberhasilan kita seolah – olah keberhasilannya sendiri.’

Dalam mencari sahabat kita harus teliti dan hati – hati. Seperti kata pepatah ‘jik kita ke tempat pedagang parfum maka tubuhkitapun akan terbawa wangi sebaliknya jika kita ketempat pedagang ikan  asin tubuh kita pun akan terbawa baunya. Begitu pula sahabat jika kita bersahabat dengan orang baik maka kita akan terbawa baik,sebaliknya jika bersahabat dengan orang jahat maka kitapunakan terbawa jahat. Oleh karena itu ada beberapa kiat mendapatkan sahabat dan memelihara persahabatan,diantaranya:

  1. Jangan menunggu orang lain membuat langkah pertama dalam persahabatan
  2. Ikutilah sebuah klub yang menarik bagimu
  3. Biarkan orang lain tahu bahwa kamu berminat untuk  bersahabat dengan mereka
  4. Jadilah pendengar yang baik
  5. Kalau kamu merasa saatnya,biarkan mereka mengetahui  hal – hal yang menarik bagimu,bakat-bakatmu,dan apa yang penting bagimu,TETAPI…
  6. Jangan menyombongkan diri
  7. Jujurlah. Ceritakanlah hal – hal tentang dirimu sejujurnya,apa saja yang kamu yakini dan prinsip – prinsip apa yang kamu bela
  8. Bersikaplah lembut
  9. Jangan berpaling pada temanmu hanya pada saat kamu sedang berada dalam kesulitan. Libatkan pula mereka saat kamu bersenang – senang
  10. Lakukan hal yang menjadi bagianmu. Setiap hubungan pasti membutuhkan usaha. Jangan bergantung kepada temanmu untuk tetap berhubungan denganmu,membuat rencana – rencana dan membuat sebuah keputusan berkaitan dengan oeersahabat kalian
  11. Menerima apa adanya
  12. Belajarlah untuk mengenali teman – teman yang tidak membawa manfaat apapun untukmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: