Karmilah's Blog

TUGAS KUL….

TUGAS PENGANTAR BISNIS

PROPOSAL PERENCANAAN BISNIS

( CASAVA SEDAP )

Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pengantar Bisnis

Dosen :Dikdik Hardjadi,M.Si.

Disusun oleh :

Milah Karmilah

NIM :2009061058

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS KUNINGAN

2009

CASAVA SEAP

PERENCANAAN BISNIS
MILAH KARMILAH
Desember 2009
  1. I. PENDAHULUAN

Di daerah Kuningan masih tersedia lahan pertanian yang cukup luas, tanah yang subur dan iklim yang mendukung merupakan faktor utama yang mengakibatkan banyak penduduk khususnya penduduk di desa-desa bermata pencaharian dalam sektor pertanian. Salah satu hasil pertanian yang banyak terdapat di daerah kuningan adalah  ketela pohon(singkong). Meskipun ketela pohon bukanlah hasil perkebunan utama Kuningan, tetapi dapat dipastikan bahwa banyak penduduk daerah Kuningan yang memilih ketela pohon sebagai alternatif tanaman perkebunan, sehingga kita bisa mendapatkan ketela pohon dengan mudah.

Melihat dari sumber daya yang banyak tersedia yaitu ketela pohon, kami memiliki rencana untuk mendirikan usaha pengolahan ketela pohon menjadi berbagai jenis makanan. Pendirian usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah ketela pohon dengan mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang khas. Usaha ini juga akan memudahkan petani ketela pohon dalam memasarkan ketela pohonnya, karena kami akan menjadi pengolah ketela pohon hasil perkebunan mereka dalam jumlah besar. Selain itu, usaha pengolahan ketela pohon ini akan menyerap beberapa tenaga kerja, karena kegiata produksinya lebih banyak memenfaatkan ketrampilan tenaga kerja dan kreativitas di banding penggunaan teknologi atau mesin-mesin modern.

Usaha ini kami beri nama “CASAVA SEDAP”. CASAVA SEDAP merupakan usaha di bidang makanan yang mengkhususkan pengelolaan  ketela pohon. CASAVA SEDAP menyediakan berbagai jenis makanan yang berbahan dasar ketela pohon, karena bahan dasar ini mudah didapatkan di Kuningan dan banyak penggemarnya.

II. ASPEK PEMASARAN

II.1 Peluang

Kami telah melihat peluang-peluang yang ada dalam merencakan usaha CASAVA SEDAP ini. Peluang-peluang tersebut antara lain :

1.Bahan Baku Yang Mudah Didapatkan


Ketela pohon merupakan komoditas perkebunan yang banyak terdapat di daerah Kuningan. Meskipun ketela pohon bukanlah hasil perkebunan utama Kuningan, tetapi dapat dipastikan bahwa banyak penduduk daerah Kuningan yang memilih ketela pohon sebagai alternatif tanaman perkebunan, sehingga kita bisa mendapatkan ketela pohon dengan mudah.
2. Banyaknya Jumlah Penduduk (masyarakat)
Semakin tahun jumlah penduduk Kuningan semakin meningkat, hal ini menyebabkan kebutuhan konsumsi mereka juga bertambah, khususnya konsumsi terhadap makanan.
3. Manfaat Ketela pohon yang Beranekaragam

Dalam ketela pohon terdapat kandungan karbohidrat yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi serta dapat dijadikan cemilan yang enak pada waktu santai. Karena manfaat-manfaat tersebut ketela pohon banyak disukai oleh berbagai kalangan.

4. Lokasi yang Strategis
Lokasi CASAVA SEDAP yang terletak disekitar pusat jajanan daerah kuningan mudah dikunjungi masyarakat. Tepatnya terletak di Rest Area Kuningan   (Jl.Siliwangi no.277 ciharendong Kuningan).

II.2 Analisis 4P

1.Produk

Produk yang akan diolah olah CASAVA SEDAP adalah makanan dengan berbahan dasar ketela pohon, kami akan mengolah ketela pohon menjadi beragam jenis makanan dengan cita rasa yang khas. Variasi produk yang kami sediakan adalah :

  • Keripik Singkong manis
  • Nata De Coco
  • Singkong lapis tabur keju
  • Sop Bola Singkong
  • Puding Singkong

2. Price


CASAVA SEDAP menawarkan harga yang dapat terjangkau oleh kalangan masyarakat umum, karena segmen pasar CASAVA SEDAP adalah masyarakat umum. Adapun harga yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :

  • Keripik Singkong manis     Rp.5.000
  • Nata De Coco  Rp.3.500
  • Singkong lapis tabur keju  Rp.6.000/ porsi
  • Sop Bola Singkong Rp. 7.500/Porsi
  • Puding Singkong  Rp.4.500

3. Promotion
Promosi awal akan kami lakukan dengan menyebarkan leflet-leflet pada masyarakat sebagai pengenalan terhadap CASAVA SEDAP, selanjutnya apabila CASAVA SEDAP mulai diminati, pasti akan ada pihak-pihak yang akan menawarkan iklan seperti radio dan koran-koran dengan cara seperti itu CASAVA SEDAP yakin akan dapat semakin dekat dengan konsumen, sehingga promosi pun berlanjut dengan media yang sangat efektif dan efisien yaitu penawaran dari mulut ke mulut.

4. Place
Tempat yang disediakan oleh CASAVA SEDAP menyediakan kenyamanan bagi konsumen, karena pelayan akan selalu menjaga kebersihan tempat dan juga peralatan yang digunakan. Penataan ruangan yang rapi,pelayanan yang ramah,lokasi yang mudah dijangkau, akan semakin membuat CASAVA SEDAP menjadi tempat yang nyaman untuk para konsumennya.

III. ASPEK TEKNIS

III.1 Lokasi

Lokasi usaha CASAVA SEDAP terletak di Jl. Siliwangi No.277 Ciharendong Kuningan tepat nya di kawasan REST AREA Cirendang. Lokasi ini sangat strategis karena berada di sekitar terminal cirendang Kuningan . Faktor-faktor lain yang membuat kami memilih lokasi ini antara lain :
• Lokasi mudah dijangkau oleh konsumen
• Tersedianya fasilitas listrik, air dan telepon
• Lokasi dekat dengan fasilitas umum (jalan raya)

III.2 Faktor Produksi

Faktor produksi yang diperlukan CASAVA SEDAP antara lain :
• Tempat
Tempat digunakan untuk memproses produk serta sebagai tempat untuk memasarkannya.
• Peralatan dapur
Peralatan dapur yang dibutuhkan dalam proses produksi CASAVA SEDAP yaitu berupa kompor, gas, penggorengan, piring, gelas, oven, sendok, mixer, blender,mangkok dll.

• Tenaga kerja
CASAVA SEDAP akan menempatkan tenaga kerja yang memiliki ketrampilan dibidang kuliner, khususnya pengolahan makanan berbahan dasar ketela pohon. Tenaga kerja yang dibutuhkan dibutuhkan untuk perusahaan ini terdiri dari 2 orang pegawai kantor untuk administrasi dan marketing, 3 orang petugas lapangan (pramuniaga), 3 orang  bertugas memasak dan menggoreng. Di samping itu  ada 5 orang  pekerja borongan untuk mengupas kulit ketela pohon ,mencetak dan mengemas.
• Bahan baku


Bahan baku yang dibutuhkan berupa berbagai jenis ketela pohon dan bahan penolong lainnya antara lain minyak goreng, tepung terigu, tepung roti, gula, keju, meisis, coklat, margarine, tepung tapioka, telur, soda kue, dan susu,garam,kunyit,kencur,kelapa,bawang putih dll.
• Modal


Sumber modal berasal dari modal pribadi serta bantuan modal dari bank.

III.3 Proses Produksi
Mengingat semua unsur yang yang akan dipergunakan dalam menciptakan output telah terpenuhi, maka proses produksi CASAVA SEDAP akan sangat mungkin untuk dijalankan. Unsur-unsur yang telah terpenuhi seperti bahan baku berupa ketela pohon yang mudah didapat, tenaga kerja yang memilki ketrampilan dalam pengolahan makanan khususnya pengolahan makanan yang berbahan dasar ketela pohon, peralatan yang digunakan dalam proses produksi, dan lingkungan yang mendukung. Selain itu, proses produksi juga akan dilakukan dengan mengkombinasikan faktor-faktor produksi dan produk yang dihasilkan diharapkan dapat sesuai dengan pesanan konsumen.

IV. ASPEK ORGANISASI, MANAJEMEN DAN  SUMBER DAYA MANUSIA

IV.1 Bagan Organisasi

Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk perusahaan ini terdiri dari 2 orang pegawai kantor untuk administrasi dan marketing, 3 orang petugas lapangan (pramuniaga), 3 orang  bertugas memasak dan menggoreng. Di samping itu  ada 5 orang  pekerja borongan untuk mengupas kulit ketela pohon ,mencetak dan mengemas.

Untuk meningkatkan keterampilan karyawan perlu ditambah bekal keterampilan dengan mengikutkan ke pelatihan-pelatihan . Agar karyawan betah bekerja diberi asuransi kesehatan berupa pangganian biaya berobat sebanyak 50% untuk karyawan dibawah 1 tahun dan 75 % untuk karyawan di atas 1 tahun. Karyawan yang bekerja lebih dari 5 tahun akan mendapatkan inventaris berupa motor.

Sejak masuk karyawan sudah menandatangani kontrak perjanjian yang berisi hak dan kewajiban termasuk sanksi pelanggaran .

IV.2 Manajemen dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Tanggung jawab dan hak pemilik adalah melakukan perencanaan segala rancangan usaha CASAVA SEDAP begitu pula dalam pengorganisasiannya, sehingga apabila usaha ini sudah berjalan pelaksanaan kegiatan dan pengawasannya pun akan dilakukan bersama dengan system penjadwalan. Pegawai di dapur memilki tanggung jawab untuk mengelola makanan yang berbahan dasar ketela pohon dengan baik dan diharapkan hasil produksinya akan sesuai dengan penawaran yang telah dilakukan dan sesuai dengan selera konsumen. Untuk itu CASAVA SEDAP akan menempatkan pegawai yang memiliki keterampilan dalam bidang pengolahan makanan yang berbahan dasar ketela pohon. Pelayan bertanggung jawab atas kenyamanan konsumen dan melakukan pelayanan sebaik mungkin.

V. ASPEK KEUANGAN

CASAVA SEDAP telah membuat rancangan mengenai pengelolaan keuangan dalam pelaksanaan rencana usahanya. CASAVA SEDAP merancang secara rini mengenai sumber dana yang diperoleh dan alokasinya pada usaha yang akan diljalankan. Berikut ini adalah rincian keuangan CASAVA SEDAP

Sumber Dana Jumlah
• Modal pribadi Rp 10.000.000
• Pinjaman bank Rp 10.000.000

Alokasi

• Sewa tempat Rp 3.000.000/tahun
• Pembelian alat produksi Rp 3.000.000
• Dekorasi tempat Rp 2.000.000
• Pembelian bahan baku Rp 700.000
• Pembelian bahan penolong Rp 350.000
• Promosi Rp 500.000
• Upah tenaga kerja Rp 5.000.000

(Administrasi 2@700.000,lapangan 3@600.000,KOKI 3@600.000)
• Peralatan (kursi+meja) Rp 1.500.000
• Seragam (7 x @50.000) Rp 350.000
• Alat tulis + Nota Rp 150.000
Total Rp 18.550.000

Dari perencanaan keuangan diatas terlihat bahwa CASAVA SEDAP telah menentukan anggaran berupa taksiran kebutuhan dana dan pengalokasiannya, serta menentukan sumber dana baik sumber dana intern maupun ekstern.

VI. ASPEK NON EKONOMIS

VI.1 Keamanan
CASAVA SEDAP akan berlokasi di tempat yang cukup aman serta lingkungan yang tidak akan mengganggu kenyamanan pelanggan yang berkunjung. Keamanan akan terjamin karena lokasi berada ditempat ramai serta ada pengawasan satpam, sehingga kecil sekali kemungkinan akan adanya tindakan kriminal atau kejahatan lainnya.

VI.2 Sosial Budaya
CASAVA SEDAP melihat adanya peluang yang dapat dimanfaatkan pada kebiasaan masyarakat memakan makanan ringan pada saat santai dan kebiasaan masyarakat pendatang yang mudik pada moment tertentu untuk membeli oleh-oleh. Budaya kebanyakan orang yang selalu ingin mencoba hal-hal baru. CASAVA SEDAP merasa memilki peluang karena makanan yang disediakan adalah makanan baru yang dapat menarik keinginan konsumen untuk mencoba.

VI.3 Teknologi
Perkembangan teknologi berpengaruh pada pelaksanaan kegiatan CASAVA SEDAP, dengan adanya teknologi CASAVA SEDAP dapat selalu melakukan inovasi-inovasi pada makanan yang disediakan dengan cara mengakses contoh-contoh makanan yang berbahan dasar ketela pohon di internet, sehingga produk makanan yang akan dihasilkan sesuai dengan perkembangan produsen lain dan dengan inovasi yang lebih baik.

VII. PENUTUP

Bahwa dalam melakukan usaha dituntut untuk serius dan Fokus,kita tidak bisa dalam memulai bisnis itu secara setengah tengah,dan dikerjakan sambil lalu meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan.
Kegagalan berusaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri kita sendiri,dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan.
Perhitungan perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal awal memulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan diawal maka yang terjadi adalah efek Berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan,sementara modal lama kelamaan tersedot habis
Sudah sewajarnya apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang.Dengan demikian kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.

1 Response to "TUGAS KUL…."

terimakasih untuk tulisannya
smoga brmanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: